Tempat Wisata Kota Cilacap Yang Wajib Dikunjungi


Di Cilacap pengen main enaknya kemana ya? Tempat wisata yang ada di cilacap apa aja ya? Pertanyaan yang muncul setiap para pengunjung yang ingin sekedar mencari hiburan wisata di kota Cilacap ini. Cilacap merupakan Kota Kabupaten Jawa Tengah yang merupakan Kota terpuncrit pojok di daerah Jawa Tengah. Beberapa orang menyebut Kota Buntu karna tidak dilintasi oleh Jalan Provinsi, Namun jika anda sedang berada di Kota Cilacap. Jangan merasa bosan dulu karena ada beberapa tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika berada di Cilacap.

1. Pantai Teluk Penyu
anda akan disambut ketika memasuki gerbang utama selamat datang di pantai teluk penyu cilacap.


sore hari jadi waktu yang tempat untuk mengungjungi pantai teluk penyu kota cilacap

Tak perlu dipungkiri salah satu primadona tempat wisata di Cilacap. Jika anda sedang berada di Kota ini, sebaiknya datanglah ke Pantai ketika menjelang Sore hari. Suasana pantai sebagaimana pantai - pantai lainnya yang ada di Indonesia. Jajakan Makanan ringan dan Es Kelapa Muda berderet di sepanjang Pantai Teluk Penyu. Namun ada beberapa yang jadi keunggulan Pantai ini, makan mendoan di pinggir pantai jadi ciri khas Pantai Teluk Penyu. Jika anda sedang berlibur bersama keluarga dan kerabat, sebaiknya anda mencicipi hidangan makanan ringan khas kota cilacap sekaligus berteduh memandang pemandangan pantai kota cilacap.

2. Benteng Pendem
pintu masuk benteng pendem cilacap
Wisata Sejarah ini judulnya. Berdekatan dengan Pantai Teluk Penyu dan anda bisa menikmati wisata dalam sekali jalan saja. Cukup praktis, selain anda bisa menikmati pantai teluk penyu kita juga bisa menjajal wisata sejarah yang ada di benteng pendem. Benteng Pendem ini merupakan peninggalan sejarah perjuangan Indonesia di era Belanda. Merupakan penjara untuk para pribumi saat penjajahan belanda. Jika anda mengunjungi benteng pendem, sekalian juga kita bisa belajar sejarah kita secara langsung. Selain itu tiket masuknya hanya dikenakan sebesar Rp 5.000,- saja. Selain itu hal yang menarik adalah ada anak anak yang akan berenang di bawah jembatan satu satunya yang digunakan untuk melewati wisata benteng tersebut, anda bisa lempar koin untuk bocah yang sedang berenang disitu.

3. Nusakambangan
perahu yang bisa menjadi alternatif untuk memasuki area nusakambangan

Well, siapa yang ngga tau penjara untuk para tersangka kelas kakap ini? pulau yang terpisah berjarak ratusan meter saja dari bibir pantai teluk penyu itu tidak hanya memiliki cerita soal napi pidana saja. Tapi eksotis keindahan alamnya juga tak kalah menarik untuk wisata di kota cilacap. Anda bisa menggunakan perahu yang disediakan oleh beberapa juragan yang ada di bibir pantai, anda bisa bernegoisasi dengan biaya Rp 20.000,- s/d Rp 50.000,- tergantung negoisasi. Ada beberapa pilihan wisata yang bisa anda pilih untuk melihat pemandangan dibalik nusakambangan itu.

a. Permisan
selain luas, tempat ini jadi tempat favorit pengunjung untuk berwisata ke pulau nusakambangan

tempat wisata ini saya anjurkan bagi anda yang tidak suka dengan perjalanan yang jauh dan medan track yang sulit. Anda bisa menggunakan kendaraan bus yang disediakan untuk sampai ke tempat ini dengan waktu beberapa menit saja. Pantai ini ada ciri khas yang bisa dijadikan tempat spot selfie dimana ada pedang raksasa yang menancap dibatu pantai permisan nusakambangan.


b. Karang Bandung
salah satu tempat wisata alternatif untuk mencapai keindahan pantai nusakambangan

Spot ini saya anjurkan bagi anda yang suka berpetualang, tracknya sebenarnya ringan namun jika anda jarang beraktivitas berat, kegiatan ini bakal memerlukan tenaga ekstra. Pasalnya kita harus melewati hutan di nusakambangan, meskipun termasuk pendek hanya 30 menit sampai 1 jam saja waktu yang ditempuh. Spot tempat ini layak dikunjungi untuk menikmati keindahan alam pantas nusakambangan. Jika anda belum pernah kesini, disarankan bertanya atau dengan dipandu satu dua orang yang pernah kesana. Meskipun termasuk mudah tinggal mengikuti jalan kita akan sampai ke tempat tujuan. Karang Bandung salah satu tempat termudah untuk menjelajah pantai nusakambangan.


c. Kalipat
Selain karna jauh dari penghunian, tempat sweet escape favorit untuk wisata pantai nusakambangan

Tracknya menengah tingkat kesulitannya, semua titik spot dilalui dengan satu pintu masuk masing-masing. Anda hanya tinggal menanyakan pada orang penyewa perahu mana pintu masuk yang anda ingin kunjungi. Jika anda ingin ke Kalipat, anda akan diantarkan dengan pintu masuk yang tentu berbeda dengan pintu masuk Karang Bandung atau Kali Kencana. Semua track masih ada jalan manusianya, jadi lebih mudah untuk mengikuti bekas langkah kaki manusia untuk mencapai spot Pantai Kalipat nusakambangan.

d. Kali Kencana 
bagi yang suka medan menantang, mencoba kali kencana tidak ada salahnya untuk menikmati pantai nusakambangan
Well, medan ini paling lama waktunya untuk ditempuh sampai tempat. Pasalnya satu sampai 2 jam perjalanan non stop untuk mencapai tujuan wisatanya. Tempat ini merupakan tempat yang paling natural diantara yang lain. Selain tak berpenghuni, pantai pasir putih membentang luas dengan berhadapan langsung batu karang menemani sepanjang pantai kali kencana ini. Tracknya cukup panjang dan jika dalam keadaan basah, anda wajib menggunakan sandal gunung jika anda tak ingin kakinya mulai tertusuk duri pohon salak. Jika ingin ke Kali Kencana diharapkan lebih siap dalam mempersiapkan perbekalan dan beberapa alat medis, serta peralatan gunung sederhana seperti sandal gunung salah satunya.


4. Alun - Alun Kota Cilacap
keramaian car free day di alun alun kota cilacap setiap sabtu-minggu malam menghiasai kota cilacap

bagi pecinta spot foto bisa mendapatkan tempat foto yang syahdu di alun alun cilacap

Memang alun alun kota selalu menjadi daya tarik tiap tiap kota yang bisa kita kunjungi. Tentu saja, Cilacap tak kalah menarik dengan alun alunnya. Apalagi dengan peraturan baru yang diluncurkan Bupati Cilacap akhir akhir ini dengan Car Free Day di Area Alun Alun Cilacap menjadi tempat wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Diadakan setiap hari sabtu dan minggu malam disediakan oleh pemerintah cilacap untuk warganya. Selain itu banyak jajanan yang dijajakan di alun alun, jika anda datang kesini, pastikan anda parkir dengan aman dan nyaman karena kendaraan bermotor tidak bisa melalui area yang disterilkan khusus untuk pejalan kaki. Selain itu, anda bisa menikmati beberapa spot foto yang bagus seperti tulisan "Cilacap Bercahaya", Air Mancur Bunderan Alun-alun, dan lain sebagainya. Tak kalah menarik juga ada beberapa wisata seperti gowes, foto bersama badut, kuliner jajanan khas cilacap.


5. Masjid Agung Darusalam Cilacap
masjid agung darusalam cilacap
Wisata religi nih, bagi peminat wisata religi memang seharusnya wajib datang ke tempat suci ini. Masjid Darusalam memang merupakan Masjid terbesar di kota Cilacap. Masjid yang bersanding dekat dengan alun - alun kota cilacap bisa anda kunjungi untuk melaksanakan sholat sembari beristiraha.


6. Kubangkangkung


Jika anda pernah ke imogiri jgjakarta, mungkin ini adalah imogirinya cilacap. Wisata yang dikelilingi pohon karet dan hijau pohon yang meneduhkan jadi andalan tempat wisata kubangkangkung. Selain itu, kita bisa mendapatkan beberapa tempat yang cozy dan asik untuk sekedar beristirahat sejenak melepas penat di kubangkangkung ini. Ada beberapa makanan yang dijajakan, serta wisata seperti perahu kayak. Tiket masuknya hanya dikenai Rp 2000,- saja dan anda bisa menikmati keindahan wisata kubangkangkung.

7. Kampung Laut

pemandangan kampung laut di hutan bakau yang eksotis gila

bisa jadi bahan spot untuk instagram kamu!
Well, jika anda ingin kesini, ada satu transport yang mudah yaitu kapal khusus untuk mengangkut penumpang yang ingin ke kampung laut. Namun anda harus perhatikan bahwa kapal ini hanya berlayar satu kali saja setiap harinya, itu artinya jika anda tertinggal maka anda mungkin saja harus merogoh kocek lebih dalam jika anda ingin kesana menggunakan perahu yang disewakan. Biasanya kebarangkatan kapal sekitar jam 7 pagi dan kembali jam 4 sore. Saya rekomendasikan menggunakan kapal ini jika ingin kesana dengan budget yang murah dan tentu saja waktu itu bisa dimanfaatkan sepuasnya di kampung laut nanti. Disana memang wisata bahari ada beberapa spot tempat foto yang bagus di bagian hutan payau yang dimiliki kampung laut cilacap. Anda juga bisa berkeliling kampung melihat suasana kampung laut yang berada di atsa permukaan laut.

Bakal ane update untuk beberapa spot yang belum saya kasih tahu di cilacap. Keep sharing dan Enjoy Cilacap :).

Comments

erawisata said…
Mantan jiwa menggelora